5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Monday, September 25th 2017. | Sehat

Berhati-hati dan selalu waspada adalah sikap yang perlu diutaman dalam masalah kesehatan dan salah satunya adalah penyakit gagal ginjal. Banyak yang beranggapan bahwa gagal ginjal hanya mengincar orang-orang tua saja. Tahukah Anda, ternyata anak muda juga bisa terkena! Kira-kira, apa penyebabnya?

Gagal Ginjal
Images Ilustrasi by www.klikdokter.com

Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang salah satu fungsinya adalah untuk menyaring darah dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Seseorang akan mengalami Gagal ginjal saat jaringan ginjal mulai rusak sehingga kehilangan kemampuannya untuk menyaring racun dari dalam aliran darah Anda.

Gejala gagal ginjal bisa ditandai dengan beberapa perubahan pada tubuh, seperti mudah lelah, mual yang persisten, berkurangnya jumlah urine, sesak napas, bengkak pada tungkai, dan lain sebagainya.

Mengutip dari laman www.klikdokter.com, berikut 5 phal yang dapat menyebabkan gagal ginjal pada usia muda.

1. Polycystic Kidney Disease (PKD)

Polycystic Kidney Disease (PKD)
Images by nursingfile.com

PKD adalah gangguan genetik yang ditandai dengan pembentukan kista di dalam ginjal. Hal ini menyebabkan ginjal membesar dan kehilangan fungsinya secara berkala.
Kista tersebut adalah tumor jinak yang berisi cairan. Ukurannya beragam dan dapat berkembang menjadi sangat besar. Kista di ginjal ini juga dapat sewaktu-waktu berkembang ke organ hati.

2. Goodpasture Syndrome

Goodpasture Syndrome
Images by slideshare.net

Goodpasture syndrome adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perdarahan difus pada organ paru-paru. Ketika hal tersebut berkembang menjadi peradangan di saluran glomerulus ginjal, maka istilahnya goodpasture disease.
Penyakit ini merupakan penyakit autoimun (kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri) yang bisa terjadi pada seseorang yang memiliki faktor genetik dan dicetuskan oleh faktor lingkungan, seperti merokok, infeksi, paparan pada solven atau hidrokarbon serta debu logam, dan sebagainya.

3. IgA Nephropathy

IgA Nephropathy
Images by health.vezeeta.com

IgA nephropathy adalah kondisi di mana adanya deposisi kompleks imun IgA di saluran glomerulus ginjal. Hal ini dapat mengganggu fungsi glomerulus tersebut untuk menyaring darah.
Gejala awalnya bisa ditemukan sejumlah darah atau protein di dalam pemeriksaan urine. Penyakit ini dapat diderita semua umur, namun biasanya pada dewasa muda.

4. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi
Images by images.detik.com

Tekanan darah tinggi yang tidak diobati secara tepat dapat menyebabkan gangguan ginjal. Hal ini terjadi karena ginjal bekerja menjadi lebih berat ketika tekanan darah Anda tinggi.

5. Diabetes

Diabetes
Images by tech.co

Diabetes atau penyakit gula adalah salah satu penyakit metabolik yang umum terjadi pada masyarakat, bahkan dapat diderita oleh usia muda.
Biasanya diabetes yang terjadi pada usia muda adalah diabetes tipe 1, yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Penyakit ini pun mempunyai efek pada ginjal yang bila didiamkan, lama-kelamaan bisa membuat kerja ginjal semakin berat.

Tidak mudah untuk menegakkan diagnosis gagal ginjal di usia muda karena gejalanya yang kadang kurang jelas. Karena itu, sangat penting untuk memeriksakan diri Anda ke dokter jika mengalami gejala seperti di atas. Sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab dari keluhan Anda.

Untuk Berbagi/Share, Anda tak perlu meminta izin
tags: , ,