6 Jenis Buah Untuk Mengobati Maag Kronis

Tuesday, September 26th 2017. | Sehat

Penyakit maag atau sering disebut tukak lambung ini disebabkan oleh jumlah asam lambung yang berlebihan, ketika tukak lambung terjadi maka akan terasa sangat menyakitkan, selain diakibatkan oleh asam lambung berlebih, maag juga diakibatkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Selain itu, akibat terlalu sering menggunkan obat kimia seperti aspirin, anti inflamasi seperti ibuprofen dan naproxen juga dapat meyebabkan maag.

Penyakit maag ini bisa diatasi dengan menetralkan asam lambung yang berlebih dengan mengkonsumsi bebrapa maknan yang banyak mengandung flavonoid.

Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang juga dikenal sebagai bioflavonoid, merupakan pengobatan yang efektif untuk sakit maag. Flavonoid merupakan senyawa yang terjadi secara alami dalam buah-buahan dan sayuran.

Beberapa jenis buah ini dapat mengurangi gejala sakit maag yaitu heartburn (rasa panas di dada), mual, muntah dan nyeri perut. Mengkosumsi makanan sehat dengan porsi yang kecil secara teratur akan lebih baik bila dibandingkan makan besar 3 kali dalam sehari. Setiap makanan yang akan memicu pengeluaran asam lambung seperti makanan pedas, berlemak dan makanan yang belum matang, itu harus benar-benar dihindari.

Untuk penderita gastritis, sebaiknya Anda mengonsumsi buah dan sayuran segar dalam jumlah banyak. Tapi jenis buah yang dipilih harus dengan tingkat keasaman yang rendah. buah seperti jeruk, lemon, jeruk bali dan sejenisnya, sebaiknya dihindari karena memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Mengutip dari www.klikdokter.com, berikut beberapa buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu menjaga bahkan menurunkan kadar asam lambung.

1. Pisang

Pisang
Foto: Buah Pisang via bintang.com

Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya yang lembut. Pisang mengandung kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan ph di dalam lambung. Kandungan potasium yang tinggi juga mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stress. Tapi ada beberapa kasus justru dapat memperburuk, karena tidak semua gangguan asam lambung cocok diobati oleh pisang. Jika sudah mencoba dan ternyata gagal sebaiknya segera dihentikan.

2. Pepaya

Pepaya
Foto: Buah Pepaya via www.klikdokter.com

Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang meningkatkan sistem pencernaan.
Walaupun rasanya asam, namun buah ini sangat bersahabat dengan penderita maag. Itu karena kandungan asam asetat dan asam askorbatnya yang bisa berfungsi sebagai obat penyakit lambung.

3. Semangka

Semangka
Foto: Buah Semangka via www.faunadanflora.com

Buah yang mengandung banyak air ini banyak mengandung citrulline asam amino yang membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Anomia berguna dalam menjaga tingkat asam dalam tubuh.

4. Mangga

Mangga
Foto: Buah Mangga via Kesehatan-Kulit.info

Selain mempunyai rasa yang enak dan manis, mangga juga merupakan buah sehat yang kaya akan nutrisi dan juga merupakan anti oksidan dan anti inflamasi/peradangan alami. Mengonsumsi buah mangga menjaga lapisan perut tetap dingin dan bebas dari asam.

5. Kelapa

Kelapa
Foto: Buah Kelapa via burangir.com

Air kelapa terdiri dari banyak enzim bioaktif alami seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroxidase, dan RNA polimerase. Secara keseluruhan enzim ini membantu memperlancar sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Air kelapa merupakan obat alami yang efektif untuk mengendalikan intensitas refluks asam yang bisa memicu penyakit maag. Minum air kelapa secara rutin bisa mencegah masalah pada lambung yang memicu tarjadinya sakit maag

6. Buah Melon

Buah Melon
Foto: Buah Melon via www.solusibatuginjal.com

Dan yang terakhir yang termasuk dari 6 Buah Buahan Untuk Obat Penderita Sakit Maag ini Seperti halnya pisang, buah melon mengandung zat kalium yang bisa mengatur keseimbangan asam lambung secara tepat sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita maaag.

Untuk Berbagi/Share, Anda tak perlu meminta izin
tags: , ,