7 Alasan Untuk Tidak Mengonsumsi Kopi Instan

Thursday, September 28th 2017. | Sehat

Saat ini sangat banyak jenis kopi instan yang beredar dipasaran. Selain memiliki rasa yang enak, kopi instan cenderung digemari karena kepraktiasan dan tanpa harus repot jika hanya ingin minum segelas kopi. Minum kopi memang tidak membahayakan jika dikosumsi pada dosis yang tepat. Tapi ini tidak berlaku jika yang di konsumsi adalah kopi instan. Sebab, kopi instan dapat merusak tubuh Anda karena mengandung bahan berbahaya didalamnya.

Kopi Instan

Kopi instan yang banyak beredar di pasaran dengan berbagai merek itu memang dijual dengan harga yang sangat murah, karena tidak sepenuhnya kopi tersebut mengandung biji kopi asli dan biasanya hanya menggunakan perasa kopi dan pemanis buatan. Jika memang dalam proses pembuatannya menggunakan kopi yang segar, sehat dan berasal dari biji kopi berkualitas, tidak mungkin mereka dapat menjual dengan harga murah.

Mengutip dari laman www.klikdokter.com, beberapa pakar kesehatan telah mengungkapkan bahwa kebiasaan mengonsumsi kopi instan akan memiliki dampak yang berbahaya karena kandungan yang ada di dalamnya. Berikut adalah bahaya yang mungkin mengancam kesehatan apabila Anda secara rutin mengonsumsi kopi instan.

1. Meningkatkan risiko hipertensi

Konsumsi kopi instan dapat meningkatkan risiko hipertensi. Sebab, kandungan krimer nabati dalam segelas kopi tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh, sehingga membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Jika dikonsumsi setiap hari bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

2. Memicu kanker

Meski masih menjadi polemik di kalangan peneliti bahwa kopi instan dapat menyebabkan penyakit kanker, ada satu kandungan yang jika dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan kanker, yakni gula dan minyak nabati. Jika kedua kandungan tersebut digabungkan menjadi satu dan dicampur dengan bahan kimia tertentu, maka dapat memicu timbulnya kanker.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Penyakit ini tak dapat dihindari bila Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi instan. Memang kopi instan memiliki kafein yang Anda butuhkan, namun kopi yang terkandung di dalamnya hanyalah perasa kopi, bukan biji kopi asli.

Kopi instan mengandung gula atau pemanis buatan yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes. Jika terpaksa mengonsumsi kopi instan, sebaiknya diimbangi dengan konsumsi air putih lebih banyak.

4. Meningkatkan kolesterol jahat

Efek samping dari minum kopi instan setiap hari salah satunya adalah meningkatnya kadar kolesterol jahat. Hal ini disebabkan oleh krimer yang terkandung di dalam kopi instan. Kandungan krimer membuat kolesterol tubuh susah dicerna, sehingga membuat kandungan kolesterol menumpuk dan semakin tinggi.

5. Memicu penyakit jantung

Kandungan kafein dalam kopi instan adalah kafein buatan. Jika dikonsumsi berlebihan, hormon dopamin pada tubuh akan meningkat, yang pada akhirnya mengganggu kesehatan jantung. Beberapa gangguan kesehatan lain juga bisa muncul karena kandungan kafein di dalam tubuh yang terlalu tinggi.

6. Menyebabkan Insomnia

Selain masalah kesehatan, dari efek mengkonsumsi kopi sachet secara berlebih adalah bisa menyebabkan susah tidur atau insomnia. Banyak orang bertujuan tidak mudah ngantuk jika konsumsi kopi, tetapi jika terlalu banyak maka bisa mengakibatkan insomnia. Jika tidak diatasi dengan cepat maka bisa mengganggu metabolism tubuh.

7. Meningkatkan Adrenalin

Banyak orang merasakan lebih bersemangat setelah minum kopi, padahal efek tersebut sungguh tidak baik bagi kesehatan organ tubuh seperti ginjal dan jantung. Meningkatnya adrenalin akan membuat kinerja jantung dan ginjal menjadi lebih keras, jadi sebisa mungkin kurangi konsumsi kopi.

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan apabila Anda rutin mengonsumsi kopi instan. Agar terhindar dari bahaya kopi instan seperti penyakit-penyakit di atas, minumlah kopi yang berasal dari biji kopi asli. Jadi, masih mau minum kopi instan?

Untuk Berbagi/Share, Anda tak perlu meminta izin
tags: ,