Agar Bayi Tak Lahir Cacat, Lakukan 6 Hal Penting Ini

Sunday, October 8th 2017. | Sehat

Melahirkan seorang bayi dengan kondisi normal adalah dambaan setiap para wanita yang sudah menikah. Sebelum seorang wanita mengetahui bahwa dia positif hamil, segala kondisi sangat mungkin terjadi. Maka itu, sedini mungkin seorang wanita sangat dianjurkan untuk menjalani pola hidup yang sehat jauh hari sebelum memutuskan untuk menikah.

Agar Bayi Tak Lahir Cacat

Jika Anda adalah calon orangtua yang menginginkan anak yang ada di dalam kandungan terlahir dalam kondisi sehat, ikuti sejumlah cara di bawah ini yang dikutip dari health.liputan6.com

1. Asam folat setiap hari

Asam folat diketahui dapat menurunkan risiko kelahiran cacat seperti bibir sumbing dan cacat jantung. Bahkan asam folat ini juga dapat mengurangi risiko pre-eklampsia.

Asam folat akan mencegah terjadinya kerusakan pada otak dan sumsum tulang belakang. Sumber asam folat dapat dengan mudah Anda temukan di dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan sereal. Jika Anda merencanakan kehamilan, usahakan untuk memasukan 400 mcg asam folat setiap hari.

2. Vaksinasi

Sejumlah vaksinasi yang aman akan direkomendasikan di masa kehamilan. Dengan vaksinasi, dapat melindungi ibu dari infeksi penyebab kelahiran cacat. Dengan vaksinasi, bayi yang lahir akan dalam kieadaan sehat.

3. Berhenti merokok

Merokok selama kehamilan dapat mengakibatkan kelahiran prematur, dan bibir sumbing, bahkan kematian bayi. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif pun akan mengalami hal yang hampir serupa.

4. Hindari alkohol

Alkohol dalam darah akan diteruskan ke bayi melalui tali pusat. Alasan ini yang membuat ibu hamil menjauhi alkohol. Apa pun jenisnya, jangan pernah meminum segelas anggur selama kehamilan.

5. Lindungi diri dari infeksi

Beberapa infeksi selama kehamilan dapat membahayakan janin dan akan membuat bayi lahir dalam keadaan cacat. Cegalah infeksi dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur, masaklah daging sampai benar-benar matang, dan jagalah kebersihan tubuh secara menyeluruh.

6. Konsultasi dengan dokter

Penting bagi seorang wanita yang sedang mengandung untuk merencanakan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandung. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi dari bayi yang terdapat di dalam kandungan Anda.

Untuk Berbagi/Share, Anda tak perlu meminta izin
tags: , ,