Benarkah Lele Mengandung 3.000 Sel Kanker, Ini Faktanya!

Friday, September 29th 2017. | Sehat

Saat ini, di jejaring sosia sedang ramai membicarakan tentang lele sebagai ikan paling jorok. Bahkan ada yang menyatakan bahwa dalam sesuap daging ikan lele bisa terkandung 3.000 sel kanker. Benarkah?

Lele Mengandung 3.000 Sel Kanker
Foto: Ikan Lele via news.okezone.com

Mengutitp dari laman health.detik.com, sebenarnya julukan Lele sebagai ikan paling jorok ini merujuk pada sifat lele yang suka mengonsumsi segala jenis limbah yang ada diperairan. Bahkan pada sebuah artikel yang cukup viral beredar di internet menyebutkan kotoran manusia juga dijadikan sebagai pakan pada sebuah budidaya lele di Kota Haikou, China.

Sementara itu pada habitat aslinya, lele atau yang dikenal sebagai catfish ini adalah spesies ikan yang sangat tangguh. Karena ikan berkumis ini dilengkapi alat pernapasan tambahan berupa labirin, sehingga mereka mampu untuk bertahan hidup bahkan dalam perairan berlumpur tercemar yang tercemar sekalipun. Mungkin fakta inilah yang menjadikan dugaan soal akumulasi racun karsinogen (penyebab kanker) yang ada di tubuh ikan lele.

Tapi untungnya, banyak ikan lele yang beredar di pasaran bukanlah berasal dari alam liar melainkan Lele yang dibudidayakan di kolam-kolam, sehingga semua terkendali dan bebas dari pencemaran.

Meskipun terserang berita tak sedap, yang pasti popularitas ikan bersungut ini tidak pernah pudar, bahkan ian terus meningkat. Menurut data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut produksi lele pada 2013 mencapai 543,461 ton, meningkat dari 441,217 ton pada 2012 dan 337,577 ton pada 2011.

Soal kandungan nutrisi pada ikan lele memang tak perlu diragukan lagi, karena lele adalah sumber protein berharga yang murah meriah. Faktanya bahwa ikan lele juga rendah kolesterol sepertinya yang akan menenggelamkan tudingan bahwa lele bisa memicu kanker.

Selain itu, ikan ‘berkumis’ ini juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Salah satunya adalah asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat melimpah. Asam lemak omega 3 dan omega 6 sering dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Tak hanya itu, para ahli juga percaya bahwa kedua asam lemak tersebut dapat membantu menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

Jadi jangan takut atas adanya kabar yang mengatakan kandungan 3000 sel kanker pada lele. Bahkan Anda bisa memanfaatkan kandungan nutrisi yang terdapat pada jenis ikan yang satu ini bagi kesehatan tubuh.

Untuk Berbagi/Share, Anda tak perlu meminta izin
tags: ,