Tubuh Ular Raksasa Ini Membengkak, Dikira Makan Hewan Ternak, Ternyata!

Friday, October 6th 2017. | Unik

Ternyata bukan hanya sekedar berada dalam cerita dongeng saja, ular raksasa ini ditemukan oleh penduduk sebuah desa di Nigeria. Mereka membunuh seekor ular bertubuh besar itu karena dikira telah makan hewan ternak. Namun fakta mengejutkanpun terjadi setelah tubuh ular yang membengkak itu dibelah.

Ular Raksasa
Foto: Ular raksasa via sehatisme.com

Mengutip dari laman dream.co.id, awalnya penduduk setempat mengira ular itu memakan hewan ternak karena tubuhnya yang membengkak. Tetapi setelah ular itu dibunuh dan dibelah, mereka menemukan ratusan telur yang menandakan bahwa ular tersebut sedang hamil.

Saat melihat ada ratusan telur di dalamnya, penduduk desa merasa sangat senang, karena mereka menganggap telur ular adalah makanan yang lezat. Meski tidak jelas dari jenis apa ular tersebut, yang pasti seekor ular dapat sekitar 100 telur setiap kali hamil.

Ular Raksasa
Foto: Ular raksasa via dream.co.id

Jika dilihat dari ukurannya, ular tersebut dapat dipastikan bukan anaconda tapi ular piton batu Afrika. Ular Piton Afrika jantan biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari betina, yang bisa tumbuh memanjang mencapai 4,8 meter. Menurut laporan, seekor ular piton Afrika bisa memiliki panjang hingga 6 meter dan Ular piton batu Afrika adalah salah satu jenis ular paling besar didunia.

Meskipun piton batu Afrika ini tidak termasuk jenis ular berbisa. Mereka dapat membunuh hanya dengan melilit mangsanya sampai mati lemas. Kematian akibat dililit ular piton ini dipicu oleh gagal jantung, bukan karena kehabisan napas atau hancurnya organ vital dalam tubuh.

Biasanya, mangsa ular piton batu Afrika ini terdiri dari berbagai hewan besar yang hidup alam liar, seperti babi hutan, antelope, kera, kelelawar buah, biawak, dan bahkan buaya.

Namun jika ular tersebut berada di lingkungan tempat tinggal manusia, mereka akan memakan unggas, anjing, tikus, kambing, dan sapi. Tak jarang juga, jika sudah terpaksa, ular piton batu Afrika ini juga makan anak singa, cheetah, dan leopard serta anak-anak hyena dan anjing liar lainnya.

Untuk Berbagi/Share, Anda tak perlu meminta izin
tags: ,